5 Cara Belajar Anak Sesuai Mesin Kecerdasan

 

Sahabat bunda,

Anak-anak kita tidak lepas dari kegiatan belajar, benar bukan ?

Apakah itu belajar formal maupun belajar informal.

Tips Mengenali Cara Belajar Anak

Orang tua yang mendampingi anaknya belajar di sekolah tentu menginginkan anak-anaknya untuk belajar dengan baik. Tidak kesulitan dalam proses belajarnya, cepat paham dengan apa yang dipelajarinya, dan  mendapatkan nilai yang memuaskan.

Perlukah orang tua mengenali cara belajar anak ?

Tentu saja, sangat diperlukan orang tua untuk mengenali cara belajar anak. Kenapa ? Pengalaman saya sendiri dengan mengenali cara belajar anak, menjadi lebih mudah untuk mengingatkan preatasi mereka.

Mengenali cara belajar anak juga membuat orant tua tidak stress.

Mengenali cara belajar anak membuat anak dan orang tua lebih nyaman.

Alih-alih mencoba semua cara belajar yang cocok yang akan menghabiskan waktu, tenaga dan biaya.

Saya memilih mempelajari  STIFIn.  STIFIn mempunyai metoda untuk mengenali cara belajar anak. Karena STIFIn memberikan metoda yang Simple, Akurat dan Aplikatif.

Di STIFIn di jelaskan masing-masing anak punya cara belajar sesuai dengan Mesin Kecerdasannya.

Bagi yang belum tahu apa itu STIFIn bisa di cek di sini ya.

Mesin Kecerdasan Sensing

Kecerdasan Sensing didominasi oleh belahan otak limbik kiri. Menunjukkan kecerdasan indrawi lebih dominan. Berpijak pada hal yang nyata dan aktual. Mengolah informasi berdasarkan panca indera. Minat yang lebih besar pada aplikasi praktis dan konkret. Mengandalkan pengalaman dan mampu menguraikan peristiwa secara urut.

Cara Belajar Anak  Sensing

Cara belajar asyik untuk  sensing adalah menghafal atau merekam secara visul dan belajar langsung secara indrawi. Jadi tipe sensing akan sangat mudah belajar apabila yang dipelajarinya bentuk yang konkret, dapat dilihat, diraba, dirasa. Selain itu fasilitas yang mendukung balam belajar juga sangat dibutuhkan oleh si Sensing. Misalnya alat peraga atau benda pendukung lainnya.

Jadi Bunda, kalau punya anak tipe Sensing, jangan diajak untuk membayangkan ya… akan sedikit kesulitan nanti dalam proses belajarnya. yang konret-konkret saja.

Mesin Kecerdasan Thingking

Kecerdasan Thingking didominasi oleh belahan otak Neokortek Kiri. Merujuk pada kecerdasan analitis. Tipe kecerdasan ini cenderung menggunakan data dalam pikirannya. Mampu memecahkan masalah dengan logis. Melakukan analisa tanpa mempertimbangkan pribadi. Terkesan dingin, menjaga jarak dengan orang lain, dan tampak seperti tidak peka. Berargument dan berdebat sebagai panggilan otak kritisnya.

Cara Belajar Anak Thingking

Cara belajar Thingking, dengan menganalisa sesuatu, dengan demikian seluruh komponen otaknya terlatih. Cara berfikir yang sistematis, mampu dengan cepat menyederhanakan hal yang rumit. Media pendukung belajarnya bersumber dari buku, koneksi internet, atau laboratorium menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh si Thingking.

Mesin Kecerdasan Intuiting

Kecerdasan Intuiting didominasi oleh belahan Neokortek kanan. Merujuk pada kercerdasan kreativitas. Intuiting ini perhatiannya pada gambaran umum (Big Picture). Informasi diolah secara intuisi. Berminat kuat pada imajinatif, abstrak, dan teoritis. Ia melihat pola dan makna yang terkandung dalam sebuah peristiwa. Tampak intelek dan berkelas.

Cara Belajar Anak Intuiting

Cara belajar Intuiting yang asyik adalah dengan membuat konsep, mengimajinasikan, dan mengkreasikan teori baru. Teknis belajarnya lebih menyenangkan menggunakan mindmappin. Berikan kertas kosong dan alat tulis lengkap ataupun yang berwarna-warni sehingga lintasan idenya dan hal-hal baru yang hadir di pikirannya  bisa terbreakdown dengan konsep yang baik.

Mesin Kecerdasan Feeling

Kecerdasan Feeling yang operating system di otaknya didominasi oleh Limbik Kanan. Merujuk pada kecerdasan emosi, perasaannya lebih dominan. Ingin menyenangakan orang lain, mencari keharmonisan. Berempati adalah kepandaiannya. Hangat dan ramah pada orang lain. Pertimbangannya berdasarkan kasing sayang. Namun Perasaannya juga mudah sakit dan dendam.

Cara Belajar Anak Feeling

Cara belajar yang nyaman dan asyik buat anak feeling adalah dengan mendengarkan dan berdiskusi dengan rekan. Kekuatan pendengaran  (auditori) adalah letak kekuatan belajarnya. Jika belajar sendiri sebaiknya bersuara, atau mendengar rekaman dari pengajarnya dan mengulang-ulang rekaman.

Mesin Kecerdasan Insting

Kecerdasan Insting operating system otaknya didominasi oleh belahan otak Tengah dan langsung terhubung dengan syarat tulang belakang. Bereaksi secara spontan. Mengolah informasi menggunakan naluri. Lebih berminat memberikan kontribusi. Pragmatis, spontan tapi memiliki nilai (hikmah). Kelebihannya menyerap informasi secara generalis. Tidak suka konflik, traumatik dengan kejadian yang menyakitkan. Si sensing sangat mudah beradaptasi, kemampuannya yang serba bisa membuatnya sering tidak tuntas. Sangat spontan dan to the point dan menjadi penghubung untuk mendamaikan. Menyukai kesempatan untuk ikut kontribusi di mana pun.

Cara Belajar Anak Insting

Cara belajar yang asyik dan nyaman buat insting adalah dengan merangkum apa yang diperlajari. Menulis ulang kembali sebuah pelajaran menjadi kekuatannya. Insting sangat perhatian terhadap suasana belajar, maksudnya ia tidak bisa belajar dalam kondisi tertekan. Susana yang nyaman dan kondusif akan membuat insting lebih berprestasi di serba kebiasaannya terhadap studi apapun.

Nah… setelah sahabat bunda sedikit mengenal Mesin Kecerdasan dan Cara Belajarnya. Kira-kira anak-anak punya Mesin Kecerdasan yang mana ya ?

Bukankah akan lebih optimal jika belajar sesuai dengan mesin kecerdasannya. Prestasi akan diraih lebih mudah.

Info Tes STIFIn bisa menghubungi saya ya. klik  kontak. 

 

Salam Sukses Mulia

Irma Nirmala

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment