Corona Virus menjadi satu musuh utama di dunia saat ini.

Saat ini semua orang memiliki musuh yang sama yaitu virus corona. corona virus yang telah menyerang ribuan orang di seluruh dunia dan sampai mengakibatkan adanya korban jiwa. Sangat mencengangkan karena masa inkubasi dari corona virus ini hanya 14 hari. Seakan setelah 14 hari yang terjadi pada manusia yang kena corona virus dia akan sembuh dan kebal, tetapi tetap sebagai carier virus, atau meninggal dunia.

Sudah banyak artikel yang membahas mengenai corona virus secara medis seperti di alodokter.com. serta media kesehatan lainnya yang terpercaya.

Kali ini saya tidak akan membahas hal-hal yang medis, seperti jenis dari corona virus ataupun hal medis lainnya tetapi saya akan membahas dari sudut perilaku kita sebagai manusia. Ada 5 hal perilaku yang kita bisa lakukan sebagai pencegahan penularan virus corona

1. Mengenal Penyebarannya dan Gejalanya

Setelah kita mengenal dan mengetahui adanya wabah virus corona, sebagai orang non medis kita bisa mengenali gejala awal dari terjangkitnya virus ini.

Menurut beberapa artikel yang sudah dituliskan dan menurut WHO,

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan beberapa gejala awal orang yang terinfeksi virus corona COVID-19, yaitu demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien juga mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare.

Baca selengkapnya di artikel “Gejala Awal Corona COVID-19 dan Penanganan yang Harus Dilakukan”, https://tirto.id/eFGP

Mengenali daerah penyebarannya sangat diperlukan supaya kita bisa menjaga diri untuk tidak pergi ke daerah tersebut.

Kalau kita tinggal dan berada di daerah penyebaran yang sudah ada pasien corona virus maka kita harus semakin ketat menjaga diri dengan memperhatikan menjegah terjadinya gejala : demam, kelelahan, dan batuk kering dengan cara lebih memperhatikan kesehatan, makanan bergizi dan sehat serta menjaga kesehatan emosi.

2. Menjaga Sikap Diri Dan Tidak Panik

Sikap diri terhadap virus corona yang sebaiknya dilakukan diantaranya adalah :

  1. Sadar dan menerima informasi bahwa virus corona sudah ada dan bisa kapanpun menyebar atau menyerang kita baik sehat maupun tidak sehat.
  2. Mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya, misalnya, dari internet bisa dari Organisasi internasional WHO dan jangan mudah percaya dengan informasi-informasi yang tidak valid.
  3. Mengetahui bahwa virus corona masa inkubasi 14 hari.
  4. Menjaga kesehatan diri artinya menjaga kesehatan orang lain juga.
  5. Tidak panik. Karena semakin panik dan cemas tidak akan menyelesaikan masalah. Tetap tenang dan fokus untuk menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, menjaga makanan yang dapat menaikkan imunitas dan daya tahan tubuh.

3. Menjaga Keluarga.

Setelah menjaga diri, hal berikutnya kebersamaan keluarga dengan melakukan budaya kebersihan yang sama di lingkungan keluarga. Diantaranya yang bisa dilakukan adalah :

  1. Siapkan sabun cuci tangan di depan rumah.Kalau ada kran air di depan kita bisa menyiapkan sabun cuci tangan, sehingga setelah keluar beraktivitas bisa cuci tangan sebelum masuk rumah.
  2. Siapkan hand sanitazer di ruang tamu. Sebelum masuk rumah bersihkan dengan hand sanitazer yang sudah disediakan di ruang tamu.
  3. Bersihkan rumah dan lantai rumah secara berkala dan teratur dengan air yang diberi desinfektan.
  4. Makan makanan yang bergizi dan sehat dan minum air yang cukup.
  5. Menjaga Sinar Matahari masuk ke rumah di pagi hari,membuka jendela di pagi hari supaya udara di dalam bertukar dengan udara yang baru.

4. Menjaga Lingkungan.

Lingkungan yang terdiri dari beberapa keluarga di era Digital saat ini biasanya terhubung di dalam group washapp.

Hal-hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Saling memberi kabar apabila ada warga yang sakit atau nampak ada gejala dan segera melaporkan kepada puskemas terdekat.
  2. Tetap bisa bersosialisasi walaupun mengurangi kontak bersalaman diganti dengan menangkupkan tangan didada.

Dua pekan terakhir di Indonesia dilakukan darurat belajar di rumah di beberapa kota dan akan diperpanjanglagi wam

5. Update Informasi di Lingkungan Setempat

Work From Home (WFH) yang sekarang ditetapkan oleh pemerintah menjadi sebuah kebiasaan baru saat ini, dalam kondisi penyebaran virus yang serba tidak menentu dan tidak dapat dikendalikan.

Dengan bekerja dari rumah di harapkan rantai penularan menjadi berkurang dan bahkan diharapkan menghentikan rantai penularan.

Selain itu era komunikasi saat ini bisa diakses di website resmi yagn ada di worldometers.info/coronavirus.

Sementara itu selalu jaga pertahanan diri, menambah imunitas dan kekebalan tubuh dan satu lagi tetap berbagi kebaikan untuk lingkungan terdekat kita.

Leave a Comment