5 Tips Bisnis Saat Pensiun

Tidak ada istilah pensiun, yang ada adalah merubah jenis aktivitas

-irmanirmala-

Hidup Setelah Pensiun

Waktu terus berjalan. Sadar atau tidak sadar, ditunggu ataupun tidak ditunggu saat pensiun akan tiba. Apakah anda sudah mempersiapkan saat pensiun?

Mengisi Masa Pensiun

Apakah arti pensiun bagi Anda ? sebenarnya tidak ada kata pensiun bagi orang yang terbiasa produktif. Mungkin hanya memindahkan aktifitas dan kegiatan saja, yang sebelumnya sebelum masa pensiun bekerja kepada seseorang atau instansi perusahaan kemudian beralih dengan kegiatan mandiri.

Kegiatan masa pensiun hanya beralih tempat atau aktifias saja. Hidup tidak berhenti hanya karena kata “pensiun”. Hidup akan terus berjalan.

Mungkin yang dimaksud pensiun adalah penghasilan tidak sebanyak pada waktu masa kerja.

Masa Pensiun bisa diisi dengan aktifitas yang tetap produktif, menghasilkan, dan tetap bahagia.

Usaha Rumahan Untuk Pensiunan

Apa saja usaha rumahan untuk pensiunan. Banyak pilihan. Saat ini era internet membuat anda bisa memilih usaha rumahan untuk masa pensiun anda.

  1. Konsultan. Ilmu yang anda miliki bisa jadi sebuah aktifitas menyenangkan saat pensiun. Sebagai konsultan anda akan membantu orang lain sesuai dengan pengalaman yang anda miliki.
  2. Penulis. Hobbi menulis yang mungkin saat masa kerja tidak tersalurkan bisa menjagi pilihan aktifitas atau usaha saat pensiun.
  3. Toko kelontong. Membuka usaha toko kelontong juga bisa jadi usaha rumahan saat anda pensiun.
  4. Toko Online. Belajar jualan online dan membuka toko online juga bisa jadi alternatif saat anda pensiun.
  5. Usaha Kos-kosan atau Kontrakan. Usaha ini bisa jadi bisnis yang menyenangkan buat anda di rumah.
  6. Properti. Usaha jual beli properti juga bisa jadi aktifitas bisnis saat pensiun.

Memilih Usaha Sebelum Pensiun

Sebelum pensiun anda bisa mempersiapkan bisnis anda. Hal ini bisa anda persiapkan 3 sampai 5 tahun sebelum pensiun. Sehingga saat pensiun datang anda tidak harus merintis dari awal, atau tidak sempat mengganggur. Artinya income anda akan tetap stabil atau bahkan sudah sama atau lebih banyak dari masa kerja.

Menikmati Masa Pensiun

Menikmati masa pensiun yang produktif dan bahagia adalah idaman semua orang. Persiapkan aktifitas sesuai dengan karakter diri anda.

Bisnis Saat Pensiun Sesuai dengan Mesin Kecerdasan

5 mesin kecerdasan

Ada baiknya anda memilih bisnis saat pensiun sesuai dengan mesin kecerdasan anda.

Apakah itu mesin kecerdasan? Ia adalah belahan otak dominan yang ada pada diri kita. Berdasarkan belahan otak yang dominan tersebut, STIFIn mengelompokkan mesin kecerdasan manusia menjadi 5, yaitu: Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan Instinct. Masing-masing mesin kecerdasan memiliki kelebihan tersendiri. Lantas, bagaimana tips berbisnis yang baik jika dihubungkan dengan mesin kecerdasan Anda? Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Sensing. Modal utama orang bertipe sensing dalam berbisnis adalah momentum. Perbanyaklah frekuensi pertemuan dengan mitra bisnis Anda. Buatlah mereka kagum dengan keuletan dan kedermawanan Anda. Jangan lupa untuk memperlihatkan keuntungan konkrit dari bisnis yang Anda jalani.
  2. Thinking. Modal utama mereka dalam berbisnis adalah ketajaman. Buat analisa mengapa konsumen perlu membeli produk Anda dan paparkan dengan jelas di depan mitra bisnis dan konsumen. Buat mereka kagum dengan kepandaian dan integritas Anda. Paparkan pula cerita sukses bahwa yang berbisnis dengan diri Anda semuanya sukses.
  3. Intuiting. Modal utama orang bertipe Intuiting dalam berbisnis adalah banyak ide dan gagasan. Ekspresikan kemampuan presentasi Anda yang mengagumkan. Buat mitra bisnis kagum dengan kesempurnaan Anda. Munculkan hasrat sehingga mereka mau berbisnis dengan Anda. Paparkan prospek cerah bisnis yang ditawarkan dikaitkan dengan trend masa depan dan peningkatan kualitas hidup.
  4. Feeling. Modal utama mereka dalam berbisnis adalah konektivitas. Yakinkan mitra bisnis dengan kharisma dan popularitas Anda. Buatlah mereka kagum dengan pesona dan keakraban Anda. Sentuhlah hati dan jadilah mentor kehidupan bagi mereka.
  5. Insting. Modal utama mereka dalam berbisnis adalah akses. Jadikan bisnis Anda sebagai ibadah untuk menolong orang lain. Dedikasikan kesuksesan Anda untuk menolong bisnis orang lain. Buatlah mitra bisnis kagum dengan pengorbanan Anda.

Leave a Comment